Social Media Vaganza


 
” Hidup di dunia nyata, itu keadaan real

Hidup di dunia maya itu penuh kepalsuan hehe “

Seiring dengan perkembangan bandwith atau broadband yang memungkinkan semua hal serba virtual terjadi, sehingga menjamurnya sosial media menjadi salah banyak menyentuh sendi-sendi kehidupan, baik di kampung hingga astronot mengapung, atau di kota hingga berita dan hal lain menggurita. Ini hanya salah satu bagian dari banyak fenomena yang terjadi.

Facebook, Twitter, Linkedin, Path, Tumblr, WordPress, Friendster, Pinterest, Instagram adalah sarapan pagi kita semua, para fakir asmara, fakir data, fakir status ataupun Anda kaum alayers yang ingin eksis hingga se nusantara.

Quotes di atas merupakan hasil cerminan dari beberapa hal yang kadang membuat hati ini tergelitik dibuatnya hingga membuat hatika lelah dibuatnya bang hehe. Karena kadang hal-hal astral mesti disuarakan via sosmed, tak ada salahnya memang karena bisa jadi sosmed salah satu pelampiasan dan media akulturasi diri bagi orang-orang yang kesulitan untuk mengungkapkannya via dunia nyata.

Kadang ada yang bilang, ingin pergi ke Mars saja di bumi banyak yang jahat atau sampe rela membeli maskara untuk memanjangkan alis demi penampilan prima di sosmed hehe worth it menang untuk selebritis, tapi jangan dicoba untuk yang bukan artis. Nanti malah dikomentari macam-macam.

Sosmed Vaganza adalah istilah untuk menunjukkan betapa meriahnya sosmed namun bisa berbanding lurus dengan dunia nyata namun bisa berbanding terbalik dengan keadaan sebenarnya, karena dengan berbagai motif:

  1. Motif sedikit pamer, agar dibilang wah dan keren. Sehingga banyak yang menggilai dari jadi pujaan bahkan jadi cacian ;
  2. Motif Aktualisasi diri untuk karakter tertentu yang gagap di dunia nyata. Karena sosmed tak perlu bicara, cukup keyboard saja bisa menulis wkwkw padahal di dunia nyata modal mingkem saja ;
  3. Motif menginspirasi, sebagai acuan atau refleksi orang dalam menggapai mimpinya. Sehingga energi positif menyebar dan banyak terdorong untuk mewujudkannya ;
  4. Motif sosial, sebagai action plan dari social movement project dan suporter dalam semua kegiatan positif. Semisal hastag asap, atau social movement lainnya dalam rangka meningkatkan awareness dari dinamika yang ada;
  5. Motif Agamis, untuk hal-hal yang memang perlu dibagi sebagai tambahan khazanah Ilmi pengetahuan dan saran informasi unggulan. Tak ayal mengaji bisa dilakukan Dimana saja dan kapan saja, hasilnya adalah diri kita semakin baik atau malah semakin lebih baik ;
  6. Motif Konektivitas dan Jejaring, untuk menambah networking dalam berbagai bidang dan seni kehidupan. Di dunia tanpa batas ini, link sangat diperlukan. Bahkan untuk membuat KTP saja agar cepat perlu link yang baik hehe ;
  7.  Motif kriminalitas, karena untuk tujuan kriminalitas misalkan untuk spamming dll :
  8. Motif Kepoisme, dalam menilik kabar-kabar mantan atau gebetan yang sudah lama tidak bertemu namun bisa jadi acuan diri untuk move on #eaaa
  9. Motif Jodoh, karena dengan berbagai aplikasi editing yang menarik sehingga wajah secantik Angelina Jolie, seganteng Tom Cruise bisa diciptakan dengan sekejap. Efeknya adalah banyak yang tertipu dan terpana oleh kecantikan dan kegantengan palsu di dunia nyata hehe ;
  10. Motif Storage dan Open Cloud, untuk Storage sementara pengganti cloud computing atau harddisk sehingga historisnya bisa kita lihat ;
  11. Motif promosi dan sarana pencari uang, untuk semua hal yang berbau online, online shop, online banking, online Travel tapi bukan jodoh online hehe
  12. Motif Hiburan, karena bisa jadi sebagai penghilang penat dalam menjalani hidup yang tak selurus alis, semenikung tol lingkar dalam atau sepanjang jembatan Suramadu, tapi sekokoh hatimu #eaaa ;
  13. Motif Status, misalkan untuk anak sosialita selalu memajang barang-barang Branded Eropa, namun Made in Vietnam, pose saat menyetir, status jomblo yang kadang diumbar-umbar agar sold out, status anak gaul kampung sini yang selalu check in siber agak tempat keren semisal WC, MCK atau Seven Twelve

Ya sudahlah jangan pernah risau dengan semua motif di atas, karena semakin banyak motif semakin bijak kita dalam memilih ( bukan motif batik sepertinya hehe). Karena pada hakikat dasarnya, kita punya satu kebutuhan yaitu kebutuhan untuk diakui sebagai diri atau pribadi tersendiri dengan kata keren Narsis. Dari binatang hingga bintang pelem, dari kue lupis sampe ke selebritis, dari polisi hingga politisi, dari hansip sampai Presiden, mahasiswa, buruh, kecap dan benda mati lainnya pernah mengalami dan bahkan akan naik ratingnya saat momen tertentu semisal Pilkada, hari besar keagamaan atau saat pemilihan Presiden Badan Eksekutif Mahasiswa sekalipun.

Terlepas dari hal positif dan negatif bagai sesuatu yang menggenapkan, berikut ini trik-trik untuk menghadapi sosmed Bullyng atau hal bijak dalam menggunakan sosial media:

  1. Jika ragu untuk memakai foto sendiri, pakailah foto ayah dan ibu Anda, itu tandanya Anda pengguna sosmed yang sayang orang tua;
  2. Jika ragu memakai foto sendir, pakailah foto tokoh favorit Anda, Anda akan tergabung dengan pengguna sosmed groupies;
  3. Jika ragu memakai foto sendiri, pakailah foto hewan kesayangan Anda, itu tandanya Anda adalah sosmed user pecinta binatang dan konservatif hewan ;
  4. Jika ragu memakai foto sendiri, pakailah foto artis. Anda akan dikategorikan sebagai seleb Wannabe;
  5. Jika ragu memakai foto sendiri, pakailah foto tetangga. Anda dalam kategori tetangga yang baik tapi kurang percaya diri ;
  6. Jika masih kebanyakan ragu, apalagi tidak percaya diri dengan foto editannya yang keren itu, sudahlah tinggalkan sosmed hehe
  7. Jangan sering baper di sosmed, karena hanya membuat Anda lebih laper saja di dunia nyata hehe

” tiada gading yang tak retak, tiada manusia yang tak baper “

NB: jangan pernah membaca serius, karena tidak disarankan begitu. Apabila terdapat kesamaan tempat, kejadian dan tokoh, bisa jadi itu Anda atau penulis itu sendiri hehe karena semua ini hanya rekayasa belaka dan humor saja


Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s