Pelajaran Rossi untuk hari ini 


” Kamu nikung, aku tendang ”

Ada yang menarik dari seri gelaran moto GP Sepang Malaysia, minggu, 25 Oktober 2015 hari ini. Apakah itu?

A. Duel sengit antara The Doctor dengan Marquez

B. Duel Sengit MU dengan Manchester City

C. Duel sengit Persib vs Persija

D. Duel sengit antara Mantan vs Gebetan
Jawabannya adalah D, eh bukan maksudnya adalah A. Pertarungan dalam mewujudkan mimpi jadi juara dunia antara Rossi dan Lorenzo yang berakhir dengan “tendangan” di lap 14. Ada apakah ini, pembalap selegendaris Rossi melakukan hal ini dengan sengaja atau hanya sebuah ” sentilan ” untuk Marquez agar tidak Songong dengan senior. Pada sudut manakah Anda?

 Bagaimana jika kita memakai teori psikologi humanistik versi Abraham Maslow. Teori tentang Kebutuhan Dasar Manusia. Dalam melihat tingkah laku manusia, Maslow memiliki asumsi dasar, bahwa tingkah laku manusia dapat ditelaah melalui kecenderungannya dalam memenuhi kebutuhan hidup, sehingga bermakna dan terpuaskan. Untuk itu Maslow menempatkan motivasi dasar manusia sebagai sentral teorinya. Maslow memiliki gagasan, bahwa manusia dimotivasi oleh sejumlah kebutuhan dasar yang bersifat sama untuk seluruh spesies, tidak berubah, dan berasal dari sumber genetik atau naluriah. Kebutuhan dasar tersebut tersusun secara hirarkhis dalam lima strata yang bersifat relatif, yaitu:

  • Kebutuhan-kebutuhan fisiologis (fa’ali).
  • Kebutuhan akan rasa aman.
  •  Kebutuhan akan rasa cinta dan memiliki.
  • Kebutuhan akan harga diri.
  •  Kebutuhan akan aktualisasi diri.

Kebutuhan-kebutuhan tersebut akan senantiasa muncul, meskipun tidak secara berurutan. Dalam pengertian, kebutuhan yang paling dasar akan mendesak untuk dipenuhi, dan jika sudah dipenuhi akan muncul kebutuhan lain yang ingin dipenuhi. Namun ada juga sebagian kecil orang yang berbeda kebutuhan yang paling dasarnya, misalnya orang yang akan memiliki keyakinan tertentu akan memilih kelaparan daripada kehilangan keyakinan. Semakin tinggi hirarkhi kebutuhan seseorang terpuaskan, maka seseorang akan semakin dapat mencapai derajat individualitas atau kemandirian, kamatangan jiwa dan berjiwa sehat, dan begitu sebaliknya. Pemenuhan kebutuhan-kebutuhan dasar tersebut tidak hanya bersifat material, namun lebih dari itu adalah bersifat spritual, orang yang kesehatan mental yang prima akan mudah terpuaskan, begitu juga sebaliknya.
Nah, kira-kira alasan mana yang paling logis?

Mau tau jawabannya,

Sim salabim jadi apa prok-prok

Jadi Rossi kena hukuman untuk bertarung di start terakhir pada moto GP Valencia, Dimana marquez dan Lorenzo adalah pembalap kebanggaan Spanyol.

Yang pasti dari kejadian hari ini adalah Rossi tidak akan melakukan hal gila yang merusak reputasi sebagai juara 7 kali motogp tanpa alasan yang kuat, karena bisa jadi teori Abraham Maslow di atas bisa berlaku pada kejadian ini. Termasuk untuk Anda yang suka menikung teman, Berhati-hatilah dalam menikung. Bisa jadi kepiawaian Anda selama ini, malah menjadi boomerang. Berbeda kasus jika memang menikung yang syar’i, yaitu dengan siap menikahi pujaan hati Anda atau menikung yang landai di jalan rata. Karena yang bahaya adalah menikung di jalan lurus. Salam olahraga !!

Menikunglah, kalo ada maunya hehe


Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s