Emas Batangan : Solusi Alternatif Keuangan Anda


VUCA World, Selamat datang ( source: Google)

Kondisi dunia yang Volatile (bergejolak), Uncertain (tidak pasti), Complex (kompleks) dan Ambigue (tidak jelas) atau lebih dikenal dengan istilah VUCA World adalah hal yang sebagian dari kita alami, ditengah persaingan di dunia yang sangat ketat serta hampir pasti tidak bisa kita hindari. Gagasan tentang VUCA diperkenalkan oleh Akademi Perang Angkatan Darat A.S. untuk menggambarkan dunia multilateral yang tidak stabil, tidak pasti, kompleks dan ambigu yang berakibat pada berakhirnya Perang Dingin. Penggunaan umum istilah VUCA dimulai pada 1990-an dan berasal dari kosakata militer.  Ini kemudian digunakan dalam gagasan baru dalam kepemimpinan strategis yang berlaku di berbagai organisasi, termasuk segala hal mulai dari perusahaan nirlaba hingga pendidikan.

Persaingan-persaingan itu sebenarnya hal lumrah untuk kita, karena kita-pun adalah hasil persaingan sperma dalam ovarium untuk kemudian dibuahi, hingga menjadi kita sekarang. Iya, kita yang kadang lemah karena keegoan kita, kita yang sok kuat diantara congkaknya kita, kita yang sok terkenal diantara orang lain, dan kita yang selalu sok tahu, menebak jalan hidup kita. Semuanya adalah fase, dimana fase tersebut merupakan bagian dari proses, bukan instanisasi

baca juga : Instanisasi, yakin mau instan?

Sebagai bagian dari generasi milenial yang sudah aware terkait dengan teknologi, proyeksi masa depan sebenarnya adalah bukan hal yang sulit, karena semua telah bisa diestimasi dan proyeksi. Itu adalah salah satu kesombongan kita tentang masa depan, tetapi Rencana ALLAH SWT selalu yang terbaik, mengalahkan proyeksi, menimbulkan ketakwaan hingga kita sadar, kita bukan apa-apanya.

Milenialis, yang suka dengan hidup glamour, elegan hingga kadang menimbulkan penyakit ( Social Climber) adalah tantangan tersendiri.  Gaya hidup menurut Kotler (2002, p. 192) adalah pola hidup seseorang di dunia yang diekspresikan dalam aktivitas, minat, dan opininya. Gaya hidup menggambarkan “keseluruhan diri seseorang” dalam berinteraksi dengan lingkungannya. Gaya hidup menggambarkan seluruh pola seseorang dalam beraksi dan berinteraksi di dunia. Secara umum dapat diartikan sebagai suatu gaya hidup yang dikenali dengan bagaimana orang menghabiskan waktunya (aktivitas), apa yang penting orang pertimbangkan pada lingkungan (minat), dan apa yang orang pikirkan tentang diri sendiri dan dunia di sekitar (opini). Gaya hidup adalah perilaku seseorang yang ditunjukkan dalam aktivitas, minat dan opini khususnya yang berkaitan dengan citra diri untuk merefleksikan status sosialnya.

Social climber merupakan benih penyakit kejiwaan yang sangat berbahaya. Para social climber bisa melakukan apa saja agar hidupnya terlihat memiliki status sosial yang tinggi dengan hal yang praktis dan tidak melalui proses. Dari point tersebutlah para penderita social climber bisa melakukan hal-hal negatif sekalipun agar ia bisa tampil mewah. Semisal saja, pegawai negeri golongan I menginginkan hidup dengan rumah megah, mobil mewah, barang-barang keseharian yang berharga puluhan sampai ratusan juta, tentu gaji dari menjadi PNS tidak bisa mencukupi, dan jalan pintasnya kemungkinan korupsi.

Investasi

Menjadi orang kaya memang tidak ada salahnya, namun harus melalui proses dan perjuangan terlebih dahulu. Selain itu meskipun uang berlimpah bukankah dengan hidup sederhana dan apa adanya keadaanmu akan membuat hidup lebih tenang? Tampillah apa adanya, tidak perlu membohongi diri sendiri. Syukuri apa yang kamu miliki saat ini, sebab dengan bersyukur kita akan merasa cukup dan puas dengan apa yang ada di hidupmu selama ini.

Jleb sekali memang, tapi mau tidak mau begitu, BERSYUKUR adalah kunci utama agar selalu hidup tenang, tentram dan upaya dalam memulai INVESTASI.

Investasi, mungkin untuk sebagian orang dianggap kolot, karena mesti menyisihkan uang. Sebagian melihat hal tersebut hanya menghalangi diri untuk membeli yang disuka. Namun kemudian tak banyak bicara lagi ketika semua terbukti dan terwujudkan, karena saat kebutuhan mendadak, bisa dijadikan solusi andalan keuangan anda ( NB: Investasi bukan berarti mengurangi tabungan sosial anda ya 🙂 seperti sedekah, zakat, infaq ataupun jatah bulanan ke orang tua).

 

Logam Mulia

harga Logam Mulia 17 bulan terakhir, harga cenderung stabil  ( sumber : Logammulia.com)

Berkaca pada pengalaman, sebenarnya investasi Logam Mulia ANTAM cukup efektif sebagai salah satu alternatif investasi bagi yang tidak bisa memanfaatkaan uang atau menyimpan uang ( karena hakikatnya uang untuk dihabiskan sih hehe). Saat itu saya sengaja simpan untuk mahar nikah dan dibeli dengan jumlah dicicil. Alhamdulillah, sedikit demi sedikit, perlahan kenyang *lho. Tak perlu beli lagi saat persiapan menikah, karena saat harga spot sebelum nikah sudah beranjak naik, melebihi harga sebelumnya.

 

dilansir, Investasiuntung.com, berikut ini adalah keuntungan investasi emas batangan ( hampir mirip dengan pengalaman sih 🙂 )

Keuntungan Investasi Emas Batangan dan Perhiasan
Jika anda beberapa kali mempunyai uang dalam jumlah besar. Namun setiap bulan uang itu habis. Penulis menyarankan kepada para pembaca untuk berinisiatif menginvestasikan uang dalam bentuk emas logam mulia batangan. Hal ini berdasarkan pengalaman penulis yang menginvestasikan uang dalam logam mulia emas selalu menguntungkan dengan return besar.

Untuk lebih jelasnya, berikut ini 10 keuntungan dan keunggulan dalam investasi logam mulia emas yang perlu diketahui para pembaca, antara lain :

1. Harga Emas Selalu Naik
Salah satu faktor utama seseorang mesti menginvestasikan uang dalam bentuk logam mulia emas karena harga emas selalu naik. Kenaikan harga emas bisa mengikuti tingkat inflasi. Jika tahun ini harga emas pergram sekitar Rp 600 ribu maka satu tahun kemudian harga emas bisa mencapai Rp 900 ribu. Berapa keuntungan dari melakukan investasi emas ketimbang menyimpan emas dalam bentuk perhiasan.

Berbeda dengan halnya menyimpan uang dalam bentuk perhiasan emas seperti kalung, gelang, cincin dll yang harga emas ketika dibeli dan dijual sama saja. Bahkan rugi terkena biaya potongan pergram sekitar Rp 15 ribu pergram. Sungguh rugi menyimpan uang dalam bentuk emas perhiasan. Itu bukan bentuk investasi tapi berupa liabilitas atau sesuatu yang mengeluarkan uang.

Atas dasar pengalaman data grafik harga emas dalam sepuluh tahun ke depan harganya meningkat pesat sampai lebih 300 persen. Dalam arti setiap tahun harga emas mengalami kenaikan sekitar 30 persen lebih.

2. Tidak Bergantung kepada Pihak Manapun
Investasi dalam bentuk emas termasuk investasi real tangible yang nyata. Sehingga ia dapat dimiliki siapa saja dan dibawa kemana saja sesuai yang dikehendaki. Ia merupakan investasi yang tak bergantung kepada pihak manapun. Ia bersifat mandiri yang selalu menguntungkan dimana dan kapan saja. Pada waktu negara Indonesia mengalami krisis moneter dan ekonomi aset investasi dalam bentuk emas sangat aman dan tetap menguntungkan. Hal ini berbeda sekali dengan investasi intangible aset tak nyata yang mengalami kerugian besar. Seperti Lehman Brothers di Amerika Serikat pada tahun 2008 mengalami kerugian besar yang mengakibatkan investasi uang nasabahnya hangus sia-sia.

3. Daya Beli Emas Bersifat Tetap
Harga emas tidak hanya selalu naik harganya. Kadang mengalami penurunan harga. Namun penurunan harga sangat kecil dan sementara. Yang kemudian berubah menjadi kenaikan harga emas yang signifikan. Contohnya begini. Pada waktu harga emas mengalami penurunan dari 1000 dolar hingga 500 dolar maka harga beras, minyak dan gandum serta kebutuhan pokok lainnya mengalami penurunan. Sehingga daya beli masyarakat terhadap emas tetap sama. Pada waktu 1400 hijriah yang lalu pun harga emas sama. Pada saat Urwah menjual satu ekor kambing seharga satu koin mas dinar. Dan pada sekarang harga 1 koin emas dinar sama dengan Rp. 2.500.000 yang sebanding dengan satu ekor kambing.

4. Investasi Emas Selalu Menguntungkan
Pada waktu harga emas naik saat itulah investor logam mulia mengalami masa panen. Oleh karenanya apabila harga emas mengalami penurunan maka jangan panik dan khawatir. Karena itu hanya sesaat. Selanjutnya harga emas terus meningkat naik seiring tingkat inflasi. Pendek kata, harga emas tetap sesuai dengan daya beli masyarakat pada waktu itu.

5. Investasi Emas Tak Tergantung terhadap Kebijakan Pemerintah
Harga emas tetap akan naik tidak bergantung kepada keputusan pemerintah. Pemerintah mau begini atau mau begitu tetap saja harga emas tetap stabil dan terus naik setiap tahun. Sedangkan nilai mata uang rupiah sangat rentan alias tak stabil. Kadang naik dan turun. Itulah kelebihan investasi emas yang perlu sobat ketahui. Mata uang atau valas sangat fluktuatif bergantung pada kebijakan pemerintah dalam berbagai aspek seperti politik, ekonomi, moneter dll. Sedangkan investasi emas tidak terpengaruh oleh faktor apapun.

Investasi emas berada di luar sistem bank dan perbankan. Sehingga pada saat terjadi krisis moneter dan ekonomi di suatu negara tetap aman investasi logam mulia emas. Tidak terpengaruh oleh kondisi ekonomi, politik dan birokrasi negara. Investasi logam mulia emas sangat aman dimanapun dan kapanpun. Inilah yang membuat investasi logam mulia diincar dan disukai banyak orang.

6. Investasi Emas = Harta Tetap
Hal lain dari kelebihan investasi logam mulia emas adalah jumlah harta anda dalam bentuk investasi emas tidak akan pernah berkurang. Karena harga emas akan selalu naik lebih tinggi seiring naiknya laju inflasi. Harga emas akan naik tajam seiring naiknya kurs dollar. Oleh sebab itu, jika anda mempunyai uang yang menganggur lebih baik digunakan untuk investasi emas sejak sekarang. Pada satu tahun kemudian investasi emas anda akan memberikan return yang lumayan besar. Investasi emas sangat cocok dijadikan investasi masa depan untuk membeli rumah, naik haji, rencana pendidikan anak, rencana menikah dan lain-lain. Pendek kata, investasi emas membuat seseorang tetap kaya.

7. Investasi Emas Sangat Mudah
Dengan dana yang terbatas seseorang bisa mulai investasi emas. Selain itu, lembaga perbankan dan pegadaian yang tersebar di berbagai wilayah desa dan kota di nusantara menyediakan layanan investasi emas logam mulia bagi masyarakat luas secara gampang.

Jika direnungkan pada jaman dahulu untuk melakukan investasi logam mulia memerlukan modal keuangan yang lumayan besar. Dari modal uang sejumlah ratusan ribu rupiah sampai jutaan rupiah. Investasi logam mulia seolah diperuntukkan bagi orang kaya raya. Namun seiring dengan perkembangan jaman yang ada dan semakin banyak dan mudah instrument investasi membuat investasi emas bisa dilakukan dengan modal uang sangat kecil. Seseorang yang mempunyai uang puluhan ribu rupiah bisa mulai investasi logam mulia batangan ini dengan cara menabung emas atau mencicil emas di bank atau pegadaian terdekat.

8. Investasi Emas Bertahan Terhadap Laju Inflasi
Kelebihan lain dari investasi logam mulia emas yang sangat menonjol dan disukai para investor adalah daya tahan terhadap laju inflasi. Ada banyak hal yang perlu dipertimbangkan oleh seorang investor sebelum mengambil produk investasi. Salah satunya memperhatikan return atau timbal balik. Usahakan return bisa melampaui angka inflasi yang ada. Dan salah satu instrument yang mampu mengalahkan itu adalah investasi logam mulia emas. Ia jarang mengalami penurunan harga.kalau mengalami hanya sesaat. Harga emas terus menaik seiring laju inflasi. Bisa dikatakan emas salahsatu bentuk investasi yang sangat stabil dibandingkan jenis investasi yang lain seperti saham.

9. Investasi Emas Dapat Dijadikan Jaminan
Suatu hari penulis berniat meminjam uang kepada bank sebagai modal untuk membuka usaha rumahan. Setelah memasuki Bank Syariah Mandiri disambut oleh seorang wanita customer service. Ia menawarkan pinjaman modal usaha dengan jaminan BPKB mobil dan motor, sertifikat rumah dan tanah, serta jaminan deposito atau emas. Pendek kata, investasi emas bisa dijadikan sebagai jaminan untuk mendapatkan uang sebagai modal usaha di bank.

Pendek kata, jika anda memerlukan uang tunai dalam jumlah besar secara cepat maka tak ada salahnya mencoba meminjam uang ke bank syariah atau pegadaian syariah dengan jaminan investasi emas atau perhiasan emas. Mereka akan melayani anda dengan baik. Sejumlah uang yang anda pinjam akan segera cair sesuai harga emas tersebut. Itulah kelebihan investasi logam mulia emas yang tidak bisa didapatkan dari jenis instrument investasi lain.

10. Investasi Emas Mudah Diuangkan
Hidup kadang tidak menentu. Ada saatnya di atas. Dan ada saatnya di bawah. Kehidupan tidak dapat diperkirakan melalui akal logika. Suatu waktu manusia pernah yang mengalami krisis keuangan. Begitupula yang dialami oleh penulis. Di saat-saat kepepet dimana sobat memerlukan uang tunai dalam jumlah besar untuk keperluan tertentu seperti pengobatan, musibah, bencana, dll. Maka investasi emas dapat dijadikan sebagai sarana penolong efektif dimana ia bisa diuangkan secara cepat. Hal ini telah dialami penulis secara langsung. Ketika isteri tercinta sedang sakit dan membutuhkan uang puluhan juta rupiah maka pilihan jatuh dengan menjual investasi emas.

Selagi Muda, yuk kita mulai dari sekarang. Ingat pesan saya, Investasi tidak mengurangi biasa sosial lainnya ya. Investasi juga bukan menyisihkan ya, Ingat kata Ahmad Ghozali penulis ” Habiskan Saja Gajimu”, dengan empat jenis pengeluaran yang mesti diperhatikan:

1. Pengeluaran yang bersifat Sosial, Pada Bagian ini Kita dapat mengenal Pengeluaran Untuk Zakat penghasilan, Infak, Sedekah, Santunan, dll. Prioritas ini menjadi utama mengingat dalam Dalam Harta yang kita dapatkan, terdapat Hak fakir yang harus kita salurkan. Mungkin tidak terasa risikonya jika kita sampingkan, namun ini adalah “titipan” sehingga menyampaikan titipan bisa kita sebut sebagai titipan Allah Juga. Pengeluaran ini yang sifatnya sosial ini, ada yang wajib dan ada yang sukarela dan terkait dengan agama. Intinya adalah “setoran” kita kepada yang menganugerahi kita dengan rezeki.

2. Pengeluaran Yang bersifat cicilan utang, Pengeluaran sosial kita sebut sebagai “Hak Tuhan”, pengeluaran yang ini bisa kita sebut sebagai “Hak Orang Lain”. Karena yang namanya utang kan adalah hak orang lain yang tertunda dan harus kita bayarkan dalam jangka waktu tertentu. Cicilan ini bisa berupa Kredit Rumah, Kredit kendaraan, Utang makan ke waktu dibayarin teman, dll.

3. Pengeluaran Untuk Saving, Pengeluaran ini kita bisa sebut juga sebagai “Hak Kita sendiri di masa depan”. Untuk kepentingan sendiri, tetapi baru akan dinikmati di masa depan. Saving ini bisa lakukan dengan tabungan dana cadangan, Setoran investasi, premi asuransi, dll.

4. Pengeluaran untuk biaya hidup, Kalau yang ini bisa kita sebut sebagai “hak kita sendiri di masa sekarang”. Dalam pengeluaran ini, kita akan mengenal adanya pengeluaran Fixed dan flexible. Pengeluaran fixed adalah pengeluaran yang harus kita keluarkan untuk kelangsungan hidup kita, seperti biaya kontrakan atau kost-kostan, Pengeluaran flexibel merupakan pengeluaran yang masih bisa diatur sendiri sekehendak kita seperti biaya konsumsi.

Selamat Mencoba!! Jangan takut menikah *eh

 

sumber:

inovasee.com

sosiologibudaya

Investasiuntung.com

 

 


Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s