Tantangan Mendidik Anak di Era Modern


Input data per bulan (source: BabyCenter)

#Sekedar Sharing#
Adanya teknologi sebenarnya memudahkan dalam setiap prosesnya, terutama yang sifatnya online storage/cloud computing dengan Data mining yang lumayan oke. Sehingga dalam menghasilkan informasi, kita tinggal input Data saja.

Salah satunya perangkat lunak untuk memantau tumbuh kembang anak, untuk agregasi potensi yang Anak kita miliki, agar nantinya bisa memilih apapun yang dia suka, analysis perilaku hingga kecenderungan/ragam hal variatif. Beda dengan kita dulu yang dibesarkan secara alamiah, Karena banyak di sawah/sungai Hingga ladang 😂😂.  Bermain bola larut Hingga maghrib, baikan itupun diceramahin mamak atau bermain sepeda jauh, Hingga kadang lupa waktu makan dan mengaji. Sangat bervariatif, imajinatif dan benar-benar bersentuhan langsung dengan alam, bukan gadget ala anak masa Kini yang membuat #Mager, malas gerak, bagian cenderung ketagihan. Catatan tersendiri untuk orang tua agar dapat Terus mengawasi. Karena Hasil penelitian,  usia Anak untuk bermain gadget adalah usia 14 tahun. Bahkan seorang terkaya di dunia, Bill Gates ( baca di sini.

Ternyata, kecerdasan yang Anak kita miliki tak semua bisa digeneralisir. Ada delapan jenis kecerdasan menurut Howard Gardner.

  1. Linguistik
  2. matematik
  3. visual-spasial
  4. musik
  5. interpersonal
  6. intrapersonal
  7. naturalis, dan 
  8. kinestesik.

 Sehingga mestinya tidak Ada lagi perbandingan antar bayi, Karena punya kecerdasan Masing-masing.
Kebetulan, Hisyam yang kinestetik. anak yang punya kecerdasan kinestesik tinggi biasanya menyukai permainan yang melibatkan fisik, seperti mengendarai sepeda, berenang, melempar dan menangkap bola, bermain di area permainan, memiliki koordinasi mata dan tangan yang baik, lebih mudah belajar dengan praktik, pandai menggunakan bahasa tubuh, dan sebagainya.

Dari sekian jenis itu, kecerdasan kinestesik mungkin yang terdengar asing. Menurut Gardner, jika anak sangat pintar menggunakan kemampuan motoriknya, semisal mahir menari, bermain sepak bola, atau berenang, itu pertanda anak Anda punya kecerdasan kinestetik tinggi.

Gampangnya, kecerdasan kinestesik adalah kecerdasan dalam melakukan gerakan tubuh dan anggota badan. Itu artinya, jika anak Anda tak bisa diam, suka melompat, berlari, menari, berjoget, naik sepeda, dan lain sebagainya, mungkin kecerdasan kinestetiknya bagus sehingga perlu distimulasi supaya berkembang lebih maksimal.

Jadi PR kita sebagai orang tua yang hidup di Zaman modern adalah tak mengkotomi Anak, apalagi memaksa, plus berhenti membandingkan dengan yang lainnya. Cukup tabel dari KEMENKES saja yang dijadikan patokan perkembangan, sebagai indikator awal kemajuan pertumbuhannya. So-so lah, Kalo masih di batas standar. Karena perbandingan ini justru menjadikan Anak menjadi minded ke depannya, padahal di luar sana pada masa-masa bayi, bukan kecerdasan calistung yang diukur utama, melainkan kejujuran, budi pekerti Hingga percaya diri yang dibentuk, sehingga Anak kita jadi percaya diri ( baca di sini: tulisan Mba Dewi Nur Aisyah )

Foto diambil dari Rumah Sakit Hermina ( source: Ikatan Dokter Anak Indonesia)

Kita cukup melihat berat standar, perkembangan-perkembangan apa yang dibuat plus membandingkan dengan kenyataan yang Ada. Kebetulan jika di software Baby Center Ada hasil persentil, untuk referensi Saja antar perbandingan dengan populasi sejenis *bisa jadi Ada kemungkinan dibandingkan dengan bayi-bayi di Luar negeri hehe. Untuk have fun saja lah itu.
Benar-benar menantang bukan? Hehe Btw, selamat juga jadi orang tua kinestetik untuk yang Sama-sama mengalami. Karena Sangat-sangat aktif, dari pagi sampe malam 🤣🤣

Mungkin ini yang dinamakan seni merawat dan memperhatikan tiap waktu pertumbuhan anak, surga tersendiri. Alhamdulillah.

Referensi;

Intisari

 #esiahidayah #esiahidayahfamilly


Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s