Ngidam : Mengada-Ada atau Fakta?


Ngidam Sepeda misalnya ( Source: dokumen pribadi)
Allah SWT menciptakan sesuatu itu selalu Ada makna tersirat di dalamnya, termasuk menciptakan sakit untuk hamba-NYA, entah sebagai penggugur dosa Hingga sebagai “pelajaran” penuh makna, agar kita lebih aware akan Hal tersebut. Ya, walau kadang suka tobat sambal, yang pasti Kalo sudah sehat kembali akan mengulanginya.

Libur dari rutinitas dua hari, plus 2 hari libur benar-benar menantang sekali. Iya, bagaimana tidak, saya menyelami hari-hari seperti hari biasa istri saya beraktivitas, plus aktivitas yang menantang, “Mengasuh Anak”. 

Mengasuh anak untuk sebagian ibu-ibu mungkin adalah hal biasa, Karena sering dikerjakan. Tidak biasa untuk bapak-bapak, apalagi bapak yang amatiran seperti saya. Semakin berkembang dan tumbuh menjadi besar, Hisyam jadi tambah aktif. Dulu tidur sambil duduk bersama saya adalah salah satu hal yang mudah, sekarang, bukan masanya. Mengganti popok saat bayi dulu juga bukan hal yang bermasalah, sekarang doi sudah mulai aktif, sehingga saat diganti, malah tengkurap, hingga pergi jauh. Ditambah lagi jika merengek minta ASI, adalah sesuatu hal yang sulit, karena pria tidak ditakdirkan punya ASI *terbayang jika ada, namanya bukan ASI, tapi Air Susu Bapak ( ASB) 🀣🀣. Sehingga, setiap perubahan perkembangan yang wonderful ini, saya nikmati betul di saat sakit ini. Sebuah pengalaman yang menarik.

Perlahan,  dari kejadian ini, saya kembali terpikirkan pada saat istri saya dulu hamil dan mendengar kata ngidam. Jangan-jangan Hisyam seperti sekarang Karena ngidam yang tak terbalaskan hehe.

Totally, saya gk percaya sih tentang ngidam. Percaya Kalo hamil itu mual, Terus pas mual pengen yang asem-Asem itu baru logis.
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, Ngidam itu berasal dari kata idam, idam, mengidamkan v memalarkan, membayangkan, memimpikan, mencita-citakan, mendambakan, mengangankan, mengharapkan, mengincar, menginginkan, mengigaukan, mengkhayalkan, merindukan;

idaman n angan-angan, aspirasi, cita-cita, dambaan, harapan, hasrat, ideal, impian, keinginan, model, teladan.

Saat istri ngidam rujak atau hal-Hal yang masuk akal lainnya, toh lumrah-lumrah saja. Jika tak masuk akal, misalkan ingin mangga muda tetangga, ngambilnya mesti naik sendiri Terus tak usah bilang atau ingin Jalan-Jalan ke Europa, itu bisa jadi ngada-ngada atau kode hehe.
Menurut Sahabat Nestle, berikut ini penyebabnya:

Kurang Nutrisi
Salah satu kemungkinan terjadi ngidam adalah tubuh memberikan sinyal nutrisi apa yang kurang, demikian pernyataan Andrei Rebarber, MD, wakil direktur divisi kesehatan Ibu dan Anak di New York University Medical Center, New York. Misalnya, ketika ibu hamil ngidam acar atau keju, merupakan tanda tubuh meminta lebih banyak garam. Keinginan untuk memakan burger dan sepiring kentang goreng bisa jadi tanda kebutuhan protein, natrium, atau kalium yang meningkat. Begitu juga dengan ngidam es krim coklat yang menandakan perlu lebih banyak kalsium dan lemak.

Kadar Hormon
Teori yang mengaitkan ngidam dan perubahan hormon dikemukakan oleh Janet Pope, PhD, seorang profesor di bidang nutrisi dan pola makan di Lousiana Tech University. Studi menunjukkan bahwa kadar hormon yang tinggi selama kehamilan dapat mengubah perasaan perempuan tentang rasa dan bau. Hal ini juga didukung penelitian yang dilakukan oleh Valerie Duffy, PhD, profesor di School of Allied Health di University of Connecticut yang menemukan bahwa, perempuan yang menginjak trimester kedua dan ketiga menyukai rasa asam daripada saat awal atau sebelum kehamilan, yang dipercaya membantunya menyukai aneka makanan, sehingga meningkatkan asupan kalori. Sedangkan pada awal kehamilan, perempuan lebih sensitif terhadap rasa pahit yang diduga membantu memperingatkan terhadap konsumsi racun selama fase kritis perkembangan janin. Uniknya, rasa ini akan menurun pada saat mencapai semester ketiga, ketika fase tumbuh kembang janin berakhir.

Efek Psikologis
Beberapa peneliti berpendapat mengidam hanyalah sebuah keinginan, tidak lebih. Menurut Deborah Bowen, PhD, profesor ilmu kesehatan masyarakat di Fred Hutchinson Cancer Research Center, ngidam berkaitan dengan pengaruh biologis, psikologis, dan lingkungan. Ibu hamil mungkin mendapatkan saran apa yang harus lebih banyak dimakan atau diminum, sehingga memunculkan ngidam. Misalnya jika dokter menyarankan untuk mengonsumsi lebih banyak susu, dapat memicu ngidam minum susu atau makan lebih banyak es krim dari biasanya.

Wah ternyata ngidam juga dapat disebabkan oleh beberapa hal lho, semoga penjelasan di atas dapat menambah pengetahuan Anda ya. Kesimpulannya berarti boleh-boleh saja, sebelum dilarang suami *eh hehe

Setidaknya, Ada pengalaman menarik selamat masa menemani isti hamil. Justru kebalikannya, saya yang ngidam makanan tertentu, ngerujak tengah malam sampai morning sickness. W O W, bukan πŸ˜…πŸ˜….

Premis umum: Istri ngidam

Premis khusus : suami biasa saja

Premis umum: istri gk ngidam

Premis khusus: suami yang ngidam. Iki yang hamil sopo to yo? πŸ˜…πŸ˜…


Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s