72 tahun Indonesia Merdeka, Indonesia Kerja Bersama : Sebuah rasa Syukur tak terhingga


72 tahun.JPG
72 Tahun Indonesia Merdeka ( sumber: vandi.id )

kita sepakat bila rasa yang sesungguhnya
tak mudah didapat
perlu ada pengorbanan, perlu ada perjuangan
seperti pahlawan

kita tulis cerita yang takkan kita lupa
bersama di bawah langit senja
kita nyatakan saja pada mereka lewat sebuah lagu
asmara kau dan aku di bumi khatulistiwa

Budi Doremi_Asmara Nusantara

 

Pada Awal bulan Agustus, euforia sebagian Warga di kampung Pelangi mulai tersibukkan oleh atribut-atribut heroik tentang kemerdekaan. Maklumlah, tahun ini negeri kita tercinta, Indonesia, sudah masuk ke usia 72 tahun. Sebuah angka yang Alhamdulillah mesti Terus disyukuri, Karena berkah kemerdekaan kita bisa bebas berkarya sesuai bidang yang dikuasai, kemudian bersinergi secara aggregat untuk kemajuan bumi Pertiwi.

Gang-gang sempit di cat dengan nuansa merah putih, lingkungan sekitar diberi gapura, bertemakan garuda, bambu runcing, hingga gambar-gambar pahlawan negara, adalah sebagian pemandangan-pemandangan penuh syahdu, penuh perenungan untuk terus berterima kasih kepada semua yang banyak berkontribusi untuk negeri, tenaga, pikiran, nyawa hingga kebijakan-kebijakan. Al-Fatihah untuk semua. Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghormati jasa pahlawannya, terus terngiang-ngiang sampe sekarang, sebuah kata heroik dari Bung Karno.

Hal-hal lain yang mencolok adalah perlombaan-perlombaan yang biasanya juga disediakan untuk memancing rasa gotong royong. Lomba Panjat pinang ( versi MUI : dipinang dulu baru dipanjat hehe, lomba makan kerupuk, balap karungm balap kelereng, memindahkan belut, hingga futsal adalah agenda baru di kampung Pelangi.

Persiapan demi persiapan terus dicicil satu demi satu, untuk memberikan kesan meriah di hari H. Warga kampung pelangi, kebetulan dibebani iuran bersama sebesar               Rp. 30.000,-, sebuah nilai kebersamaan demi kekompakan bersama. Nyatanya, banyak yang memberikan lebih guna mendukung acara 17 Agustus tahun ini.

 

Sebuah Kontemplasi

Bisa bangun pagi, bisa belajar bebas, berkreasi dengan bebas, beribadah tanpa halangan Hingga tersenyum bebas tanpa beban, adalah nikmat yang luar biasa. Tanpa kemerdekaan, kita tidak bisa melakukan itu semua.

Warga kampung Pelangi pun tak terkecuali, merasakan suka cita yang sama. Bahkan beberapa minggu sebelum tanggal 17 datang. Karena rencananya diadakan malam keakraban untuk menggalang kebersamaan dan upacara khidmat di pagi harinya.

17 Agustus, 72 tahun yang lalu teks Proklamasi dibackan. Teks naskah Proklamasi yang telah mengalami perubahan, yang dikenal dengan sebutan naskah “Proklamasi Otentik“, adalah merupakan hasil ketikan oleh Mohamad Ibnu Sayuti Melik(seorang tokoh pemuda yang ikut andil dalam persiapan Proklamasi), yang isinya adalah sebagai berikut :

P R O K L A M A S I
Kami bangsa Indonesia dengan ini menjatakan kemerdekaan Indonesia.
Hal-hal jang mengenai pemindahan kekoeasaan d.l.l., diselenggarakan
dengan tjara saksama dan dalam tempo jang sesingkat-singkatnja.
Djakarta, hari 17 boelan 8 tahoen 05
Atas nama bangsa Indonesia.
Soekarno/Hatta.

(Keterangan: Tahun pada kedua teks naskah Proklamasi di atas (baik pada teks naskah Proklamasi Klad maupun pada teks naskah Proklamasi Otentik) tertulis angka “tahun 05” yang merupakan kependekan dari angka “tahun 2605“, karena tahun penanggalan yang dipergunakan pada zaman pemerintah pendudukan militer Jepang saat itu adalah sesuai dengan tahun penanggalan yang berlaku di Jepang, yang kala itu adalah “tahun 2605“.)

Selamat Hari Merdeka bung,

Semoga kelak kita bisa jadi nomor 5 di dunia pada usia 100 tahun Indonesia merdeka, 2045

 

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s